Kamis, 13 September 2012

PROTOKOL TCP/IP

PENGENALAN TCP/IP


Protokol merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk menyambungkan antarkomputer dalam sebuah jaringan sehingga dapat melakukan komunikasi data.

1. Fungsi Protokol

Secara umum fungsi protokol adalah sebagai penghubung dalam komunikasi data sehingga proses pertukaran data dapat berjalan dengan baik dan benar.

Secara khusu, fungsi protokol adalah sbb.
Fragmentasi dan Re-assembly

Pembagian informasi yang dikirim menjadi beberapa paket data dari sisi pengirim. Jika telah sampai di penerima, paket data tersebut akan digabungkan menjadi digabungkanmenjadi paket berita yang lengkap.
Enkapsulasi

Enkapsulasi (Encaptulation) adalah proses pengiriman data yang diengkapi dengan alamat, kode-kode koreksi, dan lain-lain.
Kontrol Konektivitas

Membangun hubungan komunikasi berupa pengiriman data dan mengakhiri hubungan dari pengirim ke penerima.
Flow Control

Fungsi dari Flow Control, yaitu sebagi pengatur jalannya data dari pengirim ke penerima.
Error Control

Tugasnya adalah mengontrol terjadinya kesalahan sewaktu data dikirimkan.
Pelayanan Transmisi

Fungsinya adalah memberikan pelayanan komunikasi data yang berhubungan dengan prioritas dan keamanan data.

2. Jenis-jenis Protokol TCP/IP


Jenis protokol yang umum digunakan dalam sebuah komputer adalah sbb.
NetBeui Frame Protocol
NetBIOS
NWLink
IPX/SPX
TCP/IP
Subnet mask

Dari sekian jenis protokol tersebut, yang paling populer adalah TCP/IP. Oleh karena itu, yang akan dibahas adalah TCP/IP.

TCP/IP merupakan kumpulan protokol yang masing-masing bertanggung jawab atas bagian-bagian tertentu (protokol yang satu tidak perlu mengetahui cara kerja protokol ainnya dalam proses pengiriman dan penerimaan data). Protokol TCP/IP sangat mudah diapikasikan pada semua jenis komputer antarmuka jaringan.

TCP/IP terdiri atas empat lapis (layer) kumpuan protocol bertingkat, sbb.
Network Interface Layer

Merupakan lapisan paling bawah yang bertugas mengirimkan dan menerima data dari media fisik (kabel, serat optik, atau gelombang radio).Contohnya adalah Ethernet, X25, dan SLIP.
Internet Layer

Bertugas mengirimkan paket-paket data ke alamat yang tepat. Protoko pada Internet Layer terdiri atas tiga jenis, yaitu IP, ICMP, dan ARP.
Transport Layer

Berfunsi mengadakan komunikasi data antara dua terminal. Terdiri atas dua bagian, yaitu TCP(Transmission Contyrol Protocol) dan UPD (User Datagram Protocol).
Application Layer

Pada Application Layer disimpan semua aplikasi, misalnya SMTP, FTP, dan HTTP, yang langsung dipegunakan oleh progam aplikasi

Cara kerja TCP/IP yaitu, data kali pertama diolah oleh program aplikasi seperti Ms Word, Ms Excel, atau yang lainnya. Kemudian data tersebut ditangani oleh protokol TCP dengan disisipidata tambahan agar aman. Data tambahan itu adalah Sequence Number (nomor pengakuan) dan 16 bit cheksum (periksa kesalahan data). Semua ini disimpan dalam satu paket berupa ”amplop”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar